Senin, 14 September 2009

Penelusuran Literatur dan Data

1. PENDAHULUAN
Mengapa Penting?
• Membantu penelitian tugas akhir S1
o Jenis-jenis Penelitian Ilmiah  
Berikut ini masing-masing pembagiannya.:
 Berdasarkan hasil/alasan yang diperoleh:
- Basic Research (Penelitian Dasar), Mempunyai alasan intelektual, dalam rangka pengembangan ilmu pengetahuan;
- Applied Reseach (Penelitian Terapan), Mempunyai alasan praktis, keinginan untuk mengetahui; bertujuan agar dapat melakukan sesuatu yang lebih baik, efektif, efisien.
 Berdasarkan Bidang yang diteliti:
- Penelitian Sosial, secara khusus meneliti bidang sosial: ekonomi, pendidikan, hukum, dsb.
- Penelitian Eksakta, secara khusus meneliti bidang eksakta: Kimia, Fisika, Teknik, dsb.
 Berdasarkan Tempat Penelitian :
- Field Research (Penelitian Lapangan), langsung di lapangan;
- Library Research (Penelitian Kepustakaan), dilaksanakan dengan menggunakan literatur (kepustakaan) dari penelitian sebelumnya;
- Laboratory Research (Penelitian Laboratorium), dilaksanakan pada tempat tertentu / lab, biasanya bersifat eksperimen atau percobaan;
 Berdasarkan Teknik yang digunakan :
- Survey Research (Penelitian Survei), tidak melakukan perubahan (tidak ada perlakuan khusus) terhadap variabel yang diteliti.
- Experimen Research (Penelitian Percobaan), dilakukan perubahan (ada perlakuan khusus) terhadap variabel yang diteliti.
 Berdasarkan Keilmiahan :
1.Penelitian Ilmiah
2.Penelitian non ilmiah (Tidak menggunakan metode atau kaidah-kaidah ilmiah)
o Penelitian secara umum
 Penelitian Survei
Penelitian ini dapat berupa : 
a. Penelitian Exploratif (Penjajagan). Terbuka, mencari-cari, pengetahuan peneliti tentang masalah yang diteliti masih terbatas.
b. Penelitian Deskriptif. Mempelajari masalah dalam masyarakat, tata cara yang berlaku dalam masyarakat serta situasi-situasi, sikap, pandangan, proses yang sedang berlangsung, pengaruh dari suatu fenomena; pengukuran yang cermat tentang fenomena dalam masyarakat.
c. Penelitian Evaluasi. Mencari jawaban tentang pencapaian tujuan yang digariskan sebelumnya.
d. Penelitian Eksplanasi (Penjelasan). Menggunakan data yang sama, menjelaskan hubungan kausal antara variabel melalui pengujian hipotesis. 
e. Penelitian Prediksi. Meramalkan fenomena atau keadaan tertentu;
f. Penelitian Pengembangan Sosial. Dikembangkan berdasarkan survei yang dilakukan secara berkala: Misal: Jumlah dan Persentase Penduduk Miskin di Kalbar, 1998-2003; 
 Grounded Research
Mendasarkan diri pada fakta dan menggunakan analisis perbandingan; bertujuan mengadakan generalisasi empiris, menetapkan konsep, membuktikan teori, mengembangkan teori; pengumpulan dan analisis data dalam waktu yang bersamaan. Dalam riset ini data merupakan sumber teori, teori berdasarkan data. Ciri-cirinya : Data merupakan sumber teori dan sumber hipotesis, Teori menerangkan data setelah data diurai.
• Mempersiapkan diri menuju profesi peneliti, ilmuwan, profesional. 
• Menuju Profesionalisasi research based. 
• Mempersiapkan diri dalam knowledge-based society dan scientific-based society.

Ledakan Informasi Kimia
• 24 juta rujukan
• 32 juta senyawa kimia
• Dibutuhkan keterampilan penelusuran literatur kimia.
• Dibutuhkan bantuan teknologi informasi untuk mengelola dan menemukan informasi.

2. LITERATUR KIMIA DAN STRATEGI MENGIKUTI PERKEMBANGAN KIMIA
Literatur Primer & Sekunder
• Literatur primer: informasi diperoleh langsung dari “tangan pertama”
Contoh: jurnal, technical/research reports, paten, makalah seminar, skripsi-tesis-disertasi, electronic preprints.
  Kata paten, berasal dari bahasa inggris patent, yang awalnya berasal dari kata patere yang berarti membuka diri (untuk pemeriksaan publik), dan juga berasal dari istilah letters patent, yaitu surat keputusan yang dikeluarkan kerajaan yang memberikan hak eksklusif kepada individu dan pelaku bisnis tertentu. Dari definisi kata paten itu sendiri, konsep paten mendorong inventor untuk membuka pengetahuan demi kemajuan masyarakat dan sebagai gantinya, inventor mendapat hak eksklusif selama periode tertentu.
  Seminar pada umumnya merupakan sebuah bentuk pengajaran akademis, baik di sebuah universitas maupun diberikan oleh suatu organisasi komersial atau profesional.Sebuah seminar biasanya memiliki fokus pada suatu topik yang khusus, di mana mereka yang hadir dapat berpartisipasi secara aktif. Seminar seringkali dilaksanakan melalui sebuah dialog dengan seorang moderator seminar, atau melalui sebuah presentasi hasil penelitian dalam bentuk yang lebih formal. Biasanya, para peserta bukanlah seorang pemula dalam topik yang didiskusikan (di universitas, kelas-kelas seminar biasanya disediakan untuk mahasiswa yang telah mencapai tingkatan atas). 
• Literatur sekunder: informasi diperoleh dari sumber informasi kedua
Contoh: 
Literatur Kimia
o Textbook, lecture notes, dll.
o Kamus, glosari, ensiklopedia, handbook, dll.
  Kamus adalah sejenis buku rujukan yang menerangkan makna kata-kata. Ia berfungsi untuk membantu seseorang mengenal perkataan baru. Selain menerangkan maksud kata, kamus juga mungkin mempunyai pedoman sebutan, asal-usul (etimologi) sesuatu perkataan dan juga contoh penggunaan bagi sesuatu perkataan.
  Glosarium adalah suatu daftar alfabetis istilah dalam suatu ranah pengetahuan tertentu yang dilengkapi dengan definisi untuk istilah-istilah tersebut. Biasanya glosarium ada di bagian akhir suatu buku dan menyertakan istilah-istilah dalam buku tersebut yang baru diperkenalkan atau paling tidak, tak umum ditemukan. Glosarium dwibahasa adalah daftar istilah dalam satu bahasa yang didefinisikan dalam bahasa lain atau diberi sinonim (atau paling tidak sinonim terdekat) dalam bahasa lain.
  Ensiklopedia atau ensiklopedi, adalah sejumlah buku yang berisi penjelasan mengenai setiap cabang ilmu pengetahuan yang tersusun menurut abjad atau menurut kategori secara singkat dan padat.
o Monograph, series
o Browse artikel, jurnal, dll.
  Artikel adalah karangan faktual secara lengkap dengan panjang tertentu yang dibuat untuk dipublikasikan (melalui koran, majalah, buletin, dsb) dan bertujuan menyampaikan gagasan dan fakta yang dapat meyakinkan, mendidik, dan menghibur.
o Layanan abstrak artikel
o Indeks artikel (indeks subyek, pengarang)
o Basis data (senyawa, paten, dll.)
 
Literatur Kimia: Dari Dunia Maya
• Newsgroup dan mailing list (milis)
Milis (bahasa Inggris: mailing list) atau senarai adalah group diskusi di internet dimana setiap orang bisa berlangganan dan berikutserta didalamnya. Kita dapat membaca surat orang lain dan kemudian mengirimkan balasannya. Secara sederhana, senarai adalah sebuah daftar alamat alamat pos-el yang mempunyai kesukaan/kepentingan yang sama.
Jika seseorang mengirimkan surat yang kemudian dikirimkan ke semua orang yang terdapat di dalam daftar, terserah kita apakah kita ingin membalas suratnya, mengirim surat baru atau hanya membaca tanpa ikut berdiskusi.
Setiap kali kita atau orang lain membalas sebuah surat, surat tersebut disalurkan ke setiap kotak surat masing masing orang yang terdapat di dalam daftar. Semua proses ini diatur oleh sebuah program yang dinamakan Mailing List Manager (MLM's) atau Mail Servers.
Berdasarkan topik diskusi, senarai ada bermacam-macam. Ada senarai umum, ada senarai yang membahas bidang ilmu tertentu (misalnya Teknologi Informasi), ada senarai yang membahas masalah agama, dan sebagainya.
  Penyedia layanan senarai yang dikenal luas antara lain adalah yahoogroups.com dan googlegroups.com.
• FAQ (frequently asked questions)
• Direktori Internet, virtual library, links
Sebuah direktori adalah komponen dari sistem berkas yang mengandung satu berkas atau lebih atau satu direktori lainnya atau lebih, yang disebut dengan subdirektori. Batasan jumlah berkas atau subdirektori yang dapat ditampung dalam sebuah direktori tergantung dari sistem berkas yang digunakan, meskipun sebagian sistem berkas tidak membatasinya (batasan tersebut disebabkan ukuran media penyimpanan di mana direktori berada).
• Perpustakaan digital, knowledge management
• Mesin pencari (search engine)
Mesin pencari adalah program komputer yang dirancang untuk membantu seseorang menemukan file-file yang disimpan dalam komputer, misalnya dalam sebuah server umum di web (www) atau dalam komputer sendiri. Mesin pencari memungkinkan kita untuk meminta content media dengan kriteria yang spesifik (biasanya yang berisi kata atau frasa yang kita tentukan) dan memperoleh daftar file yang memenuhi kriteria tersebut.

Ragam Media
Multimedia
o Media tercetak (buku, jurnal, dll.)
o CD-ROM (buku elektronik, model, dll.)
o Tatap muka (seminar, kuliah, dll.)
o Jaringan, internet, world-wide-web 
- journal online
- chemical abstract online
- basis data online
- komunikasi elektronik (e-mail, dll.)
Surat elektronik (disingkat ratel, ratron, surel, atau surat-e) atau surat digital atau pos elektronik (disingkat pos-el) atau nama umumnya dalam bahasa Inggris "e-mail atau email" (ejaan Indonesia: imel) adalah sarana kirim mengirim surat melalui jalur Internet.
Segitiga Info Keilmuan
o Dasar segitiga:
majalah berita kimia, buletin, dll.
Contoh: Chemical & Engineering News, Chemistry & Industry, 
Berita HKI, dll.
o Tengah segitiga:
jurnal penelitian umum, penggolongan abstrak, dll.
Contoh: Science, Nature, sebuah atau lebih jurnal utama ACS dan/atau jurnal dari American Institute of Chemical Engineers, dll.
o Puncak segitiga:
jurnal spesialis, diseminasi selektif, dll. 
Contoh: Jurnal “Letters” (mis. Chemical Physics Letters), CA Selects, Biological Abstracts, dll.
Strategi
o Perkembangan di salah satu puncak segitiga perlu diikuti untuk pengembangan kepakaran
o Pengetahuan perkembangan di dasar segitiga dibutuhkan untuk memelihara wawasan yang cukup
o Perlu keseimbangan perhatian pada setiap tingkat segitiga keilmuan.

3. PERLENGKAPAN DASAR (Untuk Online Literature Searching)
Internet Browser & Plugin/Add-in
• Internet/web browser: Internet Explorer, Netscape Navigator, Opera, Lynx, dll.
• Plug-in: “perangkat lunak tambahan untuk browser, untuk menampilkan berbagai format file, seperti: gambar, video, suara, animasi.”
  Plugin atau plug-in adalah sebuah program komputer yang menambah fungsionalitas sebuah program utama (suatu penjelajah web atau klien surat-e, sebagai contoh). Program utama biasanya memberikan semacam antarmuka (interface) agar plug-in dapat berinteraksi dengan program utama.
• Selain IE: email reader (Outlook), news reader, ftp client (FTPsynch), dll.  
Berbagai Format File
 Format standar: HTML (*.htm, *.html, *.shtml), XML (*.xml)
 Gambar: bitmap (gif, jpg, bmp), vektor (png, vml, ..)
 Suara: .au 
 Video/animasi: avi, mov, qt, mpg
 Pemodelan: vrml 
 Struktur molekul: pdb, mol, cml, xyz
Berbagai Plug-In
 Video/animasi: QuickTime, ActiveMovie
 Animasi: Flash
 Pemodelan: Cosmo Player, dg. 2 macam modus: (1) explorer/movement, (2) study/examine; Cortona
 Teks artikel dll.: Acrobat Reader (format pdf), Ghostview (format postscript, ps)
 Struktur Molekul: Rasmol, Chime

4. TEKNOLOGI INFORMASI DAN INTERNET
Internet
Internet (kependekan dari interconnected-networking) ialah rangkaian komputer yang terhubung di dalam beberapa rangkaian. Manakala Internet (huruf 'I' besar) ialah sistem komputer umum, yang berhubung secara global dan menggunakan TCP/IP sebagai protokol pertukaran paket (packet switching communication protocol). Rangkaian internet yang terbesar dinamakan Internet. Cara menghubungkan rangkaian dengan kaedah ini dinamakan internetworking.
o Internet tidak identik dengan web (www)
o Internet: jaringan dari jaringan komputer
o Sejarah Internet: Dephan USA, universitas
o Teknologi terobosan: sistem paket
o Berbagai teknologi & protokol seputar Internet: telnet, ftp, smtp, nntp, gopher, http 
World-Wide-Web
Jejaring Jagat Jembar ("JJJ") atau World Wide Web ("WWW", atau singkatnya "Web") adalah suatu ruang informasi yang yang dipakai oleh pengenal global yang disebut Uniform Resource Identifier (URI) untuk mengidentifikasi sumber-sumber daya yang berguna. JJJ sering dianggap sama dengan Internet secara keseluruhan, walaupun sebenarnya ia hanyalah bagian daripadanya.
o Gagasan tahun 40-an: sistem informasi berkaitan (secara mekanis)
o Pusat Penelitian Fisika Partikel di Eropa: teknologi http (1990-an)
o Mahasiswa di USA: browser (Mosaic)
Basis Data
Basis data (bahasa Inggris: database), atau sering pula dieja basisdata, adalah kumpulan informasi yang disimpan di dalam komputer secara sistematik sehingga dapat diperiksa menggunakan suatu program komputer untuk memperoleh informasi dari basis data tersebut. Perangkat lunak yang digunakan untuk mengelola dan memanggil kueri (query) basis data disebut sistem manajemen basis data (database management system, DBMS). Sistem basis data dipelajari dalam ilmu informasi.
Istilah basis data mengacu pada koleksi dari data-data yang saling berhubungan, dan perangkat lunaknya seharusnya mengacu sebagai sistem manajemen basis data (database management system/DBMS). Jika konteksnya sudah jelas, banyak administrator dan programer menggunakan istilah basis data untuk kedua arti tersebut. 
• Data yang terstruktur
• Record dan field (NIM, nama, ..)
• RDBMS (relational database manag.. sys..)
• Object-oriented, dll.
• Backend databases di web
Mailing List & Newsgroup
• Mailing list: alamat email “bersama” bagi anggota atau pelanggannya
• Newsgroup: tempat diskusi terbuka, yang terarsipkan di news server. Perlu newsreader
• Telah dikembangkan newsgroup berbasis web

5. DIREKTORI DAN MESIN PENCARI
Direktori dan Portal
• Direktori: semacam daftar isi Internet untuk tujuan tertentu. 
Direktori adalah komponen dari sistem berkas yang mengandung satu berkas atau lebih atau satu direktori lainnya atau lebih, yang disebut dengan subdirektori. Batasan jumlah berkas atau subdirektori yang dapat ditampung dalam sebuah direktori tergantung dari sistem berkas yang digunakan, meskipun sebagian sistem berkas tidak membatasinya (batasan tersebut disebabkan ukuran media penyimpanan di mana direktori berada).
• Portal: www.yahoo.com, dll.
Portal web adalah situs web yang menyediakan kemampuan tertentu yang dibuat sedemikian rupa mencoba menuruti selera para pengunjungnya. Kemampuan portal yang lebih spesifik adalah penyediaan kandungan informasi yang dapat diakses menggunakan beragam perangkat, misalnya komputer pribadi, komputer jinjing (notebook), PDA (Personal Digital Assistant), atau bahkan telepon genggam.
• Open Directory Project: www.dmoz.org
• Efektifitas penggunaan bergantung pada pengetahuan akan hirarki informasi. Wawasan akan sangat menentukan.

Virtual Library & Resources
• Virtual Library: www.vlib.org 
Perpustakaan digital (Inggris: digital library atau electronic library atau virtual library) adalah perpustakaan yang mempunyai koleksi buku sebagian besar dalam bentuk format digital dan yang bisa diakses dengan komputer. Jenis perpustakaan ini berbeda dengan jenis perpustakaan konvensional yang berupa kumpulan buku tercetak, film mikro (microform dan microfiche), ataupun kumpulan kaset audio, video, dll
Istilah perpustakaan digital pertama kali diperkenalkan lewat proyek NSF/DARPA/NASA: Digital Libraries Initiative pada tahun 1994. Perpustakaan digital yang paling banyak dikenal saat ini adalah Proyek Gutenberg, ibiblio dan Internet Archive, serta proyek yayasan Wikimedia ini sendiri (termasuk wikisource, wikipedia, Wiktionary, Wikiquote, Wikibooks, Wikinews, Wikispecies, Wikiversity, Commons, Meta-Wiki, MediaWiki, dll).
• Links 
HTML menawarkan banyak dari penerbitan konvensional kaya idiom untuk teks dan dokumen terstruktur, tetapi apa yang memisahkannya dari sebagian besar bahasa markup lainnya adalah fitur untuk dokumen hypertext dan interaktif. Bagian ini memperkenalkan link (atau hyperlink, atau link Web), hypertext dasar membangun. Sebuah link sambungan dari satu sumber daya Web yang lain. Walaupun konsep sederhana, link telah menjadi salah satu kekuatan utama mendorong keberhasilan Web. 
Sebuah link memiliki dua bagian - yang disebut jangkar - dan arah. Link dimulai dari "sumber" jangkar dan menunjuk pada "tujuan" jangkar, yang mungkin ada sumber daya Web (misalnya, gambar, klip video, suara gigitan, program, sebuah dokumen HTML, sebuah elemen dalam HTML dokumen, dll). 
Perilaku default yang berhubungan dengan link adalah pengambilan sumberdaya Web lain. Perilaku ini secara umum dan secara implisit diperoleh dengan memilih link (misalnya, dengan mengklik, melalui input keyboard, dll). 
• Resources: tidak hanya mengumpulkan berbagai alamat di Internet dan mengorga-nisasikannya, melainkan juga menyediakan materi (contents)

Virtual Library
• InfoPustaka: http://www.pustaka.org/resource
• Virtual Library: http://www.vlib.org/
• Open Directory Project: http://www.dmov.org/

Mesin Pencari (Search Engine)
• www.excite.com, www.altavista.net, www.google.com
• Beberapa trik:
- Mengenal “wadah” informasi tsb. dengan memotong alamat web dari belakang, pas /
- Penggunaan frase, bukan kata tunggal
• Mempersempit pencarian dengan banyak frase
(Pelajari “advanced search”)

6. JURNAL, Technical Reports, ABSTRAK & INDEKS
Struktur Artikel Jurnal
• Informasi bibliografi (bibliographic information: judul artikel, penulis, alamat, email)
• Abstrak (abstract)
• Pendahuluan (introduction)
• Bagian percobaan (experimental section)
• Hasil dan diskusi (results & discussion)
• Kesimpulan (conclusions)
• Ucapan terima kasih (acknowledgements)
• Pustaka (references)
• [Supplementary/supporting information]

Online/Electronic Journals
• Chemical & Engineering News: http://pubs.acs.org/cen
• Science: http://intl.sciencemag.org
• Journal of Chemical Physics: http://jcp.uchicago.edu/

o ChemConnect Chemistry Journals:
http://www.chemconnect.com/library/journals.shtml
o Jurnal American Chemical Society:
http://pubs.acs.org/

Dasar Pemuatan Artikel
• Dua macam artikel jurnal:
- Peer-reviewed articles atau refereed articles (aritikel yang dinilai kolega, artikel “terwasiti”)
- Non-reviewed articles 
• Jenis pertama mempunyai tingkat keterpercayaan (reliability) yang lebih tinggi
(Electronic) Preprints
Index, Current Contents
• Chemical Abstract: http://info.cas.org/
• Medline 
• OVID: http://www.ovid.com/
• indo-abstract.com
• psi.ut.ac.id 
• Bisa dicari lewat www.chemweb.com

7. PATEN, HAK MILIK INTELEKTUAL, LISENSI 
Apakah Paten?
Menurut undang-undang nomor 14 tahun 2001 tentang Paten, Paten adalah hak eksklusif yang diberikan oleh Negara kepada Inventor atas hasil Invensinya di bidang teknologi, yang untuk selama waktu tertentu melaksanakan sendiri Invensinya tersebut atau memberikan persetujuannya kepada pihak lain untuk melaksanakannya. (UU 14 tahun 2001, ps. 1, ay. 1)
Sementara itu, arti Invensi dan Inventor (yang terdapat dalam pengertian di atas, juga menurut undang-undang tersebut, adalah):
Invensi adalah ide Inventor yang dituangkan ke dalam suatu kegiatan pemecahan masalah yang spesifik di bidang teknologi dapat berupa produk atau proses, atau penyempurnaan dan pengembangan produk atau proses. (UU 14 tahun 2001, ps. 1, ay. 2)
Inventor adalah seorang yang secara sendiri atau beberapa orang yang secara bersama-sama melaksanakan ide yang dituangkan ke dalam kegiatan yang menghasilkan Invensi. (UU 14 tahun 2001, ps. 1, ay. 3)
• Paten: monopoli penjualan/pembuatan suatu invention yang diberikan oleh pemerintah
• Paten dapat diserahkan (assigned)
• Lisensi (licence agreement): kesepakatan dalam penyerahan paten
• Yang bisa dipatenkan:
Secara umum, ada tiga kategori besar mengenai subjek yang dapat dipatenkan: proses, mesin, dan barang yang diproduksi dan digunakan. Proses mencakup algoritma, metode bisnis, sebagian besar perangkat lunak (software), teknik medis, teknik olahraga dan semacamnya. Mesin mencakup alat dan aparatus. Barang yang diproduksi mencakup perangkat mekanik, perangkat elektronik dan komposisi materi seperti kimia, obat-obatan, DNA, RNA, dan sebagainya.
Paten vs Bentuk Lain 
Hak Milik Intelektual
• Intellectual property:
- Paten: mencakup temuan terindra (tangible inventions)
- Copyrights: 
- Trademarks & Service marks:
- Trade secrets: 
Licence
• Berbagai bentuk lisensi:
- Patent licence
- General public licence

8. BASIS DATA DAN PENCARI KIMIA
Online Databases
• Britannica Online: 
• STN: http://stneasy.cas.org/
• ChemFinder
• Cambridge Crystallographic Database
• QCLDB 

9. BEBERAPA INISIATIF PENTING
Gerakan Sistem Terbuka
• Free Software Foundation (FSF), produk: GNU  Open Source 
• Open Science (www.openscience.org)
• Open Directory Project
• Open Document, Open Content
• Open Publication
• ETD, MIT
• Open Science

10. PENULISAN PUSTAKA
Bahan pustaka yang dimasukkan dalam daftar rujukan harus sudah disebutkan dalam teks. Artinya, bahan pustaka yang hanya digunakan sebagai bahan bacaan tetapi tidak dirujuk dalam teks tidak dimasukkan dalam daftar rujukan. Sebaliknya, semua bahan pustaka yang disebutkan dalam skripsi, tesis, dan disertasi harus dicantumkan dalam daftar rujukan.
Kode Etik dan Tata Cara Penulisan Pustaka
Penulisan daftar pustaka juga harus mengikuti kode etik dan tata cara penulisan sebagai berikut:
- Jika kita membaca teori langsung sumber penulis, maka rujukan yang dipakai adalah rujukan langsung.
- Jika kita membaca teori tidak secara langsung dari penulis (kutipan dari penulis), maka yang dipakai adalah orang terakhir yang telah mengutip teori dari penulis.
- Setiap rujukan harus ada pustakanya, dalam arti setiap kita merujuk suatu tulisan, maka pustaka dari yang kita baca harus dicantumkan dalam daftar pustaka, demikian pula sebaliknya. Pustaka yang ada dalam daftar pustaka harus terdapat rujukannya dalam badan tulisan.
- Kutipan harus mencantumkan halaman dari buku atau jurnal yang dibaca, agar editor dapat langsung yakin bahwa rujukan tersebut benar-benar dibaca oleh penulis.
- Sedapat mungkin carilah pustaka yang mencantumkan nama penulis, hindari pustaka dengan anonim sebagai penulis.
Contoh:
Kutipan Langsung
Di badan tulisan kita temukan kalimat:
Menurut Steen (2001:307), belajar matematika pada hakikatnya...
Maka di daftar pustaka harus ada referensi sebagai berikut:
Steen, Lynn Arthur. 2001. Judul artikel dalam Judul jurnal. Kota Penerbit/Universitas penerbit Jurnal: Penerbit. Vol VII. Page 303-312
Kutipan Tak Langsung
Di badan tulisan kita temukan kalimat:
Winkel (dalam Darsono, 2000:4) menyatakan bahwa belajar adalah aktivitas mental...
Maka di daftar pustaka harus ada referensi sebagai berikut:
Darsono, M. 2000. Belajar dan Pembelajaran. Semarang: IKIP Semarang Press.

Pustaka Tercetak
• Artikel jurnal: author

Pustaka di Internet
• Pustaka di Internet yang memiliki versi tercetaknya: aturan idem.
• Pustaka di Internet yang tidak …
- … (idem), diakses tanggal 3 Maret 2003.
• Mengapa Penting?
• Knowledge-based society
• Segitiga Info Keilmuan

Etika Ber-e-mail
• Mengutip mail secukupnya
• Tidak menulis DENGAN HURUF BESAR SELURUHNYA
• Tidak mengirim e-mail pribadi ke milis
• Dapat membedakan “group email” & “mailing list”
• dll.

PENELITIAN KIMIA
Ragam Pendidikan
• Arts, science and humanities
• Professional school
• Undergraduate
• Postgraduate school
• Research-oriented vs. skill-oriented
• “Applied” or “problem-oriented science”
Ragam Ilmu
• Observational science
• Experimental science
• Theoretical science
• Computational science
Ragam Penelitian Kimia
• Kimia: experimental, theoretical, computational
• Experimental: 
- menemukan fenomena umum, generalisasi, keteraturan
- menciptakan senyawa, materi, metode
• Theoretical:
- melakukan deduksi dari prinsip umum
- menciptakan aturan, alat prediksi, ..
• Computational:
- menggunakan teori untuk meramalkan sifat, perilaku, hasil
- mengembangkan metode komputasi yang “baik” 


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar